Sabtu, 31 Agustus 2013

Sarana infrastruktur menjadi perhatian pada program dampingan mitra pertamina pengerak pembangunan desa (mp3d)



Laporan : Yanti kima

Kbrn atambua: Sarana infrastruktur menjadi perhatian pada program dampingan mitra pertamina pengerak pembangunan desa (mp3d), oleh kementrian bumn  pada beberapa desa wilayah kabupaten belu.

Khusus dalam bidang peternkan, intervensi bantuan tidak dalam bentuk alokasi bantuan ternak, namun diarahkan pada infrastruktur seperti pembuatan kandang permanen, maupun dalam kaitan pertanian bantuan benih unggul, serta peralatan, sarana prasarana pendukung.

Kepala dinas peternakan belu, Ir.Yerem kali taek diruang kerjanya mengatakan, seperti pada wilayah desa bakustulama yang menjadi desa binaan, dampingan bumn program mp3d, terdapat kandang komunal yang dibangun untuk menampung seluruh ternak.

Diungkapkan kadis peternakan belu, dari hasil cirit ternak pada seluruh kandang komunal yang dibangun tersebut sesuai program mp3d melalui mekanisme olahan produksi akan dimanfaatkan sebagai biogas pengganti bahan bakar minyak.
      
Program mitra pertamina penggerak pembangunan desa mp3d, berupa dampingan bersama masyarakat tani pada beberapa desa  wilayah kabupaten belu telah dimulai sejak 2012 lalu.


Menurut Yarem kale taek, diharapkan program yang dianggap baik dapat merubah pola hidup masyarakat baik dalam bidang pertanian, peternakan maupun lainya bisa berlanjut selain hanya pada tujuh wilayah desa dampingan, namun melingkupi seluruh wilayah desa, sehingga berbagai potensi yang ada dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan peningkatan ekonomi masyarakat.(yanti/robby)