Minggu, 11 Agustus 2013

Semarak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 68 wilayah perbatasan



Laporan : Ferdy asy

Kbrn atambua : Semarak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 68 wilayah perbatasan, desa silawan akan diadakan melalui rangkaian kegiatan baik pesta rakyat maupun pertandingan olahraga, demikian disampaikan kepala desa silawan Ferdi Mones, terkait kegiatan menyemarakan hari kemerdekaan wilayah perbatasan  desa silawan saat dikunjungi rri dilokasi desa.


Ferdy mengatakan, berbagai olahraga untuk memeriahkan hut kemeredekaan selain oleh para pelajar tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah, juga akan dilakukan antar dusun dalam wilayah desa, dengan melibatkan Se-kecamatan tasifeto timur kabupaten belu. meliputi perlombaan gerak jalan, pertandingan bola voly, sepak bola yang dilakukan termasuk melibatkan Tni dan Polri, dan juga para ibu pkk yang akan menyemarakan peringatan kemeredekaan  wilayah batas.
 
Terkait sebagai wilayah batas antar negara RI-RDTL dalam hubungan peringatan Hut kemeredekaan RI yang juga akan melibatkan unsur pemerintah timor leste, khusus ditahun 2013 saat sekarang juga diungkapkan kepala desa silawan pada puncak peringatan melalui apel bendera 17 agustus, yang dipusatkan pada lokasi terminal lintas batas, akan juga mengundang pihak timor leste yaitu unsur keamanan Upf Polisi Timor Leste.
   
Karena terdapat hubungan emosional yang tidak dapat dipisahkan adat istiadat antar masyarakat kedua wilayah yang sangat kental, termasuk pada peringatan hut kemeredekaan, melalui koordinasi hubungan tetap berjalan seperti hari-hari biasanya, pintu perbatasan hanya akan ditutup pada puncak peringatan.(edit@robby)