Kamis, 12 September 2013

PEMERINTAH TIMOR LESTE LAKUKAN STUDI BANDING KE KABUPATEN BELU.

Laporan : Febby leo lede

Kbrn atambua : Setelah beberapa waktu lalu melalukan studi banding dalam bidang pendidikan, pemerintah Timor Leste melakukan studi banding program PNPM ke Atambua Kabupaten Belu, Sekretaris Daerah Belu, Drs Petrus Bere, MM, ketika menerima rombongan studi banding mengatakan, sangat senang dan bangga karena kabupaten Belu dijadikan sebagai tempat studi banding. terkait program PNPM menurut Sekda, sangat strategis sebagai upaya pemberdayaan masyarakat kecil, sehingga Timor leste yang baru melaksanakan program tersebut dapat melaksanakan dengan baik, demi pemberdayaan masyarakat yang ada di Timor Leste.
Sementara Menteri pembangunan daerah Timor Leste, Dr Samuel Mendoca mengatakan, program PNPM di Timor Leste disebut (Pemdes) program Nasional pembangunan desa, program yang baru di gulirkan pemerintah Timor Leste tersebut, baru diberlakukan pada beberapa daerah di Timor Leste. sebagai program yang baru, perlu dilakukan studi banding sebagai bahan acuan sehingga kabupaten Belu dan TTU sebagai daerah studi banding dalam program pemerintah tersebut.

Menurut menteri pembangunan Timor Leste, dari empat ratus empat puluh dua desa di Timor Leste yang menjadi daerah percontohan, hanya tiga puluh desa dari lima kabupaten, dengan dana yang di gulirkan untuk tiap desa sebanyak lima ratus juta rupiah.

Diharapkan melalui studi banding tersebut, pemerintah Timor Leste mendapatkan suatu acuan untuk melaksanakan program (Pemdes) di Timor Leste. turut dalam rombongan studi banding yaitu Dirjen Pembangunan daerah perwakilan Ausaid Bupati, camat, kepala desa yang menjadi daerah percontohan program tersebut di Timor Leste.( fb)