Jumat, 18 April 2014

Perayaan Jumat Agung Ditandai Dengan Prosesi Jalan Salib Umat Katholik Atambua

RRI Atambua: Dalam Tradisi Umat Katholik Di Atambua, Nusa Tenggara Timur Setiap Perayaan Jumat Agung Adalah Prosesi Jalan Salib Hidup, Sedangkan Paskah Sendiri Adalah Untuk Memperingati Wafatnya Yesus Kristus.


Prosesi Jalan Salib Hidup Adalah Untuk Mengenang Kesengsaraan Yesus Kristus Yang Mati Di Kayu Salib Untuk Menebus Dosa Manusia. Itulah Pengorbanan Yang Dia Buat Untuk Kita Umat Manusia.

Prosesi Jalan Salib Dilakoni Oleh Puluhan Pemuda Gabungan, Diantaranya Ada Yang Berperan Sebagai Yesus Kristus Dan Lainnya Sebagai Serdadu. Tangan Dirantai Sambil Berjalan Dan Diarak Keliling Oleh Pasukan Yang Memakai Pakian Tentara Kerajaan Romawi.

Dalam Sejarah, Prosesi Ini Melewati 14 Perhentian. Yang Berawal Yesus Dijatuhi Hukuman Mati, Sampai Pada Perhentian Ke-14 yaitu Yesus Dimakamkan.

Prosesi Ini Bertempat Di Goa Maria Toro, Atambua Jumat (18/4/2014), Mulai Pukul 08:00 Wita Hingga Selesai. Terkait Pengamanan Ibadah Dan Prosesi Tersebut Melibatkan Jajaran Kepolisian Polres Belu, TNI Dan Pihak Orang Muda Katholik  (Omk) Atambua.(Robby)