Kamis, 01 Mei 2014

AJANG PAMERAN TINGKAT PUSAT DIJAKARTA LAPAS ATAMBUA MEMBAWA NAMA BELU DAN MEWAKILI NTT DALAM PRODUK BIDANG PERTANIAN PENGOLAHAN SORGUM




RRI Atambua : Kegiatan Positif Dilakukan Pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas Dua B Atambua, Wujudnya Melalui Pengembangan Penanaman Tanaman Sorgum Pada Lahan Yang Tersedia, Walaupun Masih  Dalam Skala Kecil Luasan Kurang Lebih Dua Hektar Telah Dimanfaatkan  Dalam Bidang Pertanian, Melalui Penanaman Sorgum Maupun Tanaman Padi.

Kegiatan Dilakukan Dalam Pemberdayaan Warga Binaan, Sesuai Program Asimilasi Oleh Pihak Lapas Yaitu Memberikan Ruang Kepada Warga Binaan Untuk Bekerja Diluar Lingkungan Tahanan. Melalui Upaya Bidang Pertanian Cukup Memberikan Hasil, Selain Panen Padi Juga Sorgum, Yang Mana Untuk Tanaman Sorgum, Bagian Batang Tanaman, Buah Maupun Ampas Dapat Diolah, Selain Menjadi Jus, Gula, Dan Ampas Atau Kotoran Dijadikan Makanan Ternak Dan Bio Etanol Bahan Bakar Gas.

Atas Program Bidang Pertanian Tersebut, Yang Telah Dikenal Luas,  Pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 B Atambua, Ditunjuk Membawa Nama Kabupaten Belu Dan Juga Mewakili Propinsi Nusa Tenggara Timur, Mengikuti Ajang Lomba Promosi Karya Pertanian, Dalam Rangka Hut Emas Hari Pemasyarakatan  Dijakarta.

Diungkapkan Kalapas Untuk Kedepan Akan Lebih Dimaksimalkan Area Luasan Lahan Pertanian Yang Ada Diluar  Lingkungan Yang Ada Kurang Lebih 4 Hektar, Agar Dapat Memberikan Hasil Yang Baik.


Sebab Juga Menurutnya Melalui Upaya Yang Ada, Memberikan Bekal Ketrampilan Bagi Warga Binaan Agar Setalah Bebas Dapat Hidup Lebih Baik Dalam Lingkungan Masyarakat, Untuk Hasil Panen Sendiri, Karena Sesuai Mekanisme Seperti Bibit, Obat Maupun Kegiatan Pelatihan  Bidang Pertanian Langsung Oleh Pt Batang Tekno Sebagai Kontraktor Pelaksana Dalam Penanaman Sorgum, Maka Hasilnya Diserahkan Keunit Koperasi Wilayah Nela, Untuk Dikelola.(ferdy/jhonex)